Jumat, 26 Januari 2024

TIPS MENGELOLA PEMBUKUAN UMKM ANDA

Berikut beberapa tips untuk mengelola Pembukuan UMKM Anda
  1. Edukasi Diri Anda. Pembukuan mungkin kelihatan sulit karena Anda tidak familiar bagaimana melakukannya. Banyak kampus dan akuntan profesional yang menyediakan kursus. Mengapa Anda tidak menyediakan waktu untuk belajar? Hal itu membuktikan bahwa adalah bijak menginvestasikan waktu Anda.
  2. Pilih Software yang Tepat. Usahakan mengelola Pembukuan Anda menggunakan bantuan perangkat lunak akuntansi (accounting Software) yang tepat.
  3. Tetap Terorganisir. Pembukuan yang efektif memerlukan catatan yang akurat. Pikirkan sesekali mengenai kebiasaan kerja usaha Anda. Beberapa pengusaha merasakan bahwa ada manfaatnya untuk menyimpan kwitansi atau bukti dan sekali seminggu secara reguler memperbaharui pembukuannya.
  4. Gunakan Bantuan Profesional. Pertimbangkan bantuan akuntan untuk menyusun sistem pembukuan Anda, setelah itu Anda sendiri akan dapat tugas pembukuan day-to-day. Akuntan dapat juga menjawab segala pertanyaan Anda mengenai pembukuan dan bahkan mereview pembukuan Anda kemudian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar